05 januari 2013

Internet & E-commerce


 

    E-commerce atau electronic commerce adalah suatu proses jual beli, atau pertukaran product dan informasi melalui jaringan komputer khususnya internet. E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdataatau database, e-surat atau (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Konsep dari commerce sendiri ada 3 yaitu:
- Traditional commerce : berdimensi fisik dan offline
- Pure E-commerce : berdimensi digital,berupa virtual organisasi, dan online
- Partial E-commerce: berupa gabungan dari Pure E-commerce dan Traditional Commerce.
Dalam kegiatannya E-commerce menyediakan pertukaran dalam bidang informasi, layanan, dan pembayaran(payment). E-commerce juga menciptakan pertumbuhan ekonomi bagi pembeli,penjual, perantara , dan sosial at large.
Type-type dari e-commerce ada beberapa yaitu:
• Business-to-business EC (B2B)
• Collaborative commerce (c-commerce)
• Business-to-consumer EC (B2C)
• Consumer-to-businesses (C2B)
• Consumer-to-consumer (C2C)
• Intrabusiness (intraorganizational) commerce
• Government-to-citizens (G2C)
• Mobile commerce (m-commerce)
Dalam melakukan kegiatannya, E-commerce membutuh Infrastructure berupa : Hardware, software, dan jaringan untuk melakukan transaksi dan komunikasi. E-commerce juga membutuhkan Security dalam melakukan kegiatannya. Security dapat dilakukan dengan cara melakukan enkripsi,electronic certificate, SSL(Secure Soccet Layer), dan SET (Secure Electeronictransaction Protocol).

Geen opmerkingen:

Een reactie posten