05 januari 2013

OBJEK WISATA OKU

WADUK SAUNG NAGA

      Waduk Saung Naga adalah sebuah waduk yang terletak di Saung Naga Kec. Peninjauan Oku. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di saung naga yaitu sungai Ogan. Mulai dibangun pada akhir tahun 1999 dan mulai beroperasi pada tahun 2000. Waduk dengan wilayah seluas kurang lebih 8000 ha di  kecamatan peninjauan ini bisa mengairi sawah seluas 2000 ha di daerah peninjauan, Oku. Selain untuk memasok air minum di desa karang dapo juga menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12,4 MegaWatt. Untuk membangun waduk ini pemerintah memindahkan penduduk yang tergusur perairan waduk.
 
Bendungan Waduk Saung Naga

       Waduk Saung Naga juga merupakan tempat rekreasi yang sangat indah. Di sini tersedia kapal boat untuk mengelilingi perairan, juga sebagai tempat memancing. Selain itu dapat pula menikmati olah raga layang gantung (Gantole). Terdapat juga taman rekreasi.
debit air waduk akan kecil dan sebagian dari dasar waduk kelihatan. Dasar waduk yang di pinggiran dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menanami tanaman semusim, seperti jagung.
Waduk ini direncanakan bisa berumur sampai 100 tahun. Namun, sedimentasi yang terjadi menyebabkan umur waduk ini diperkirakan tidak akan lama. Para warga melakukan perawatan terhadap Waduk Saung Naga. Kerusakan daerah aliran sungai Ogan yang parah menyebabkan sedimentasi waduk sangat tinggi.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten